PT LEN Garap Proyek Jalur Kereta Api Pertama di Sulawesi

| Senin, 19/10/2020 13:24 WIB
PT LEN Garap Proyek Jalur Kereta Api Pertama di Sulawesi Pembangunan Rel Kereta Api. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - PT Len Industri (Persero) tengah menyelesaikan pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan beberapa daerah utama di Sulwesi (Trans Sulawesi). Pembangunan ini dilakukan diatas daratan seluas 102,4 Km.

“Trans-Sulawesi adalah jaringan jalur kereta api yang dibangun untuk menghubungkan daerah-daerah penting di Pulau Sulawesi. Proyek perkeretaapian Trans-Sulawesi ditargetkan mencapai panjang 2.000 km dari Makassar ke Manado,” ungkap Direktur Operasi I PT Len Industri, Linus Andor M. Sijabat dalam keterangan resminya, Senin 19 Oktober 2020.

Linus menjelaskan tujuan pembangunan jalur Trans-Sulawesi utamanya adalah untuk menghubungkan perkotaan atau wilayah yang memiliki potensi angkutan penumpang, barang, atau komoditas berskala besar dan berkecepatan tinggi, namun tetap memiliki konsumsi energi yang rendah.

Selain itu, Trans-Sulawesi akan menghubungkan kota-kota besar di Sulawesi seperti Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado yang terbagi dalam beberapa jalur, antara lain Makassar-Pare-pare (145km), Parepare-Mamuju (225km), Makassar-Bulukumba-Watampone (259km), Bitung-Gorontalo-Isimu (340km), Manado-Bitung (48km).

“Trans-Sulawesi juga dapat mengintegrasikan daerah perkotaan di wilayah pesisir, baik industri maupun pariwisata, serta agropolitan baik kehutanan, pertanian maupun perkebunan,” imbuhnya.

Pembangunan jalur trans-Sulawesi ini diketahui akan melintasi 4 stasiun besar, yaitu Maros, Pangkajene, Tanete Rilau, Barru serta 8 stasiun kecil yaitu Mandai, Rammang-Rammang, Labakkang, Ma’rang, Mandalle, Takalasi, Mangkoso, Palanro.

 

Tags : PT Len , Rel Kereta Trans Sulawesi

Berita Terkait