UMKM Wajib Terkoneksi Secara Digital

| Senin, 26/10/2020 16:50 WIB
UMKM Wajib Terkoneksi Secara Digital Digitalisasi Zaman Buat Belanja Online Tumbuh Subur (Foto: Liputan6)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menegaskan dunia telah memasuki era digitalisasi sehingga seluruh lini bisnis sudah selayaknya terkoneksi secara digital.

“Siapa yang bisa mengikuti perkembangan zaman, akrab dengan industri 4.0 dimana salah satunya digitalisasi maka ia atau usahanya akan maju dan berkembangan,” ungkap Teten dalam keterangan resminya, Senin 26 Oktober 2020.

Hal ini juga mau tidak mau membuat Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bertransformasi ke teknologi digital. Lebih lanjut, Teten mengatakan bagi mereka yang terhubung ke dalam ekosistem digital akan lebih memiliki daya tahan di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Tantangan terbesar kita, minimnya koperasi yang memanfaatkan ekosistem digital ini dalam pengelolaan koperasinya,” kata Teten.

Saat ini ia menyebut  jika baru sekitar 0,73% atau sejumlah 123.048 unit dari jumlah koperasi aktif yang sudah memiliki alamat website. Untuk sepenuhnya beralih ke transformasi digital, dibutuhkan dukungan semua pihak.

“Kolaborasi antar pemerintah pusat dan daerah, perguruan tinggi, pelaku usaha, komunitas dan media adalah pilar pentahelix yang perlu memiliki visi yang sama untuk mendorong masyarakat koperasi memasuki ekosistem digital,” tukas Teten.

Tags : UMKM , Era Digitalisasi , Go Digital