Pertamina Targetkan 10 GW Pembangkit Energi Bersih di 2026

| Rabu, 09/12/2020 15:29 WIB
Pertamina Targetkan 10 GW Pembangkit Energi Bersih di 2026 Pembangkit Energi Bersih (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT Pertamina (Persero) menargetkan memiliki pembangkit listrik energi bersih dengan kapasitas 10 ribu megawatt (MW) atau 10 gigawatt (GW) pada 2026.

Untuk mewujudkan target ini, Pertamina telah mencatat tiga tantangan utama yaitu komersialisasi, lahan dan pembiayaan investasi.

Director of Strategic Planning and Business Development PPI, Ernie D Ginting mengatakan Pertamina juga berkomitmen untuk meningkatkan kontribusinya mendukung Pemerintah mencapai target NRE dalam bauran energi.

Kontribusi ini beberapa diantaranya dilakukan melalui pengembangan geothermal, Pengembangan PLTS dan pengembangan biofuel.

“Pertamina sebagai pengelola Wilayah Kerja Panas Bumi terbesar di Indonesia akan terus mengupayakan pengembangan geothermal melalui skema IPP (Independent Power Producer),” ungkap Ernie dalam rilisnya, Rabu 9 Desember 2020.

Dalam pengembangan PLTS, Pertamina juga akan membangun PLTS di area yang memiliki iradiasi matahari yang tinggi dan menjalin kemitraan untuk membangun solar cell manufacture.

“Salah satu isu dalam membangun PLTS adalah persyaratan TKDN sehingga rencana membangun solar cell manufacture, diharapkan akan menurunkan harga jual listrik dari PLTS dan meningkatkan TKDN tersebut,” papar Ernie.

Sedangkan untuk pengembangan biofuel, Pertamina akan mendukung pemerintah untuk memproduksi  biodiesel, lebih dari B30 dan menuju B100 melalui green refinery dan CPO processing.

“Kami juga akan membangun battery manufacturing dengan partnership  bersama battery technology provider dan BUMN lain. Kami akan gunakan distribusi Pertamina yang sangat ekstensif ini untuk membangun battery swapping and charging infrastruktur,” tandas Ernie. 

Tags : Pertamina , Pembangkit Listrik Energi Bersih ,

Berita Terkait