Pemerintah Gencar Tarik Investor Global

| Kamis, 10/12/2020 08:10 WIB
Pemerintah Gencar Tarik Investor Global Kawasan Industri di Indonesia (Foto: Merdeka.com)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perindustrian gencar menarik para investor global khususnya di sektor industri untuk menggelontorkan dananya di Indonesia.

Realisasi investasi ini diharapkan dapat memperkuat struktur manufaktur di dalam negeri sekaligus mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Upaya peningkatan investasi juga merupakan bagian dari implementasi pada program prioritas yang terdapat dalam peta jalan Making Indonesia 4.0,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Dody Widodo dalam sebuah webiner daring, Rabu 9 Desember 2020.

Sebelumnya Ia mencatat, peningkatan investasi pada sektor industri manufaktur telah membawa dampak yang luas dan positif bagi perekonomian, salah satunya adalah bertambahnya penyerapan tenaga kerja.

Kemenperin mencatat, pada Januari-September 2020, realisasi investasi sektor industri senilai Rp201,9 triliun atau meningkat 37% dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

“Dari peningkatan investasi di sektor industri, terjadi penyerapan tenaga kerja sebanyak 17,48 juta orang per Agustus 2020, atau berkontribusi 13,61% dari total tenaga kerja nasional,” sebut Dody.

Sementara di tahun 2020, terdapat lima besar industri penyumbang investasi yaitu industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya sebesar Rp69,79 triliun, kemudian diikuti industri makanan Rp40,53 triliun, industri kimia dan farmasi Rp35,63 triliun, industri kendaraan bermotor dan alat transportasi Rp8,87 triliun, serta industri mineral nonlogam Rp8,66 triliun.

Tags : Investor global , investasi asing

Berita Terkait