Bukan Pembangunan, Ini Tiga Hal Yang Harus Jadi Prioritas Pemerintah Saat Ini

| Senin, 28/12/2020 19:18 WIB
Bukan Pembangunan, Ini Tiga Hal Yang Harus Jadi Prioritas Pemerintah Saat Ini Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Era Gusdur, Rizal Ramli (Doc: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ekonom senior, Rizal Ramli menilai jika kondisi perekonomian Indonesia saat ini belum dapat keluar dari masa keterpurukan.

Ia mengatakan negara perlu berhenti sesaat dari membangun proyek-proyek besar dan sebaliknya harusnya berfokus pada penanganan pandemi.

“Sementara hentikan dulu proyek lain lain yang tidak penting,” ungkap pria yang merupakan mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Era Gusdur ini.

“Dan justru negara hanya perlu fokus pada tiga hal ini untuk realokasi anggaran yang strategis,” imbuh Rizal, dalam webiner daring, Senin 28 Desember 2020.

Untuk tiga hal ini, Pertama, Rizal mengatakan negara harus fokus pada penanganan di sektor kesehatan, Kedua penanganan terhadap masyarakat yang rentan akses ke sektor pangan dan Ketiga negara juga wajib berfokus pada peningkatan produksi pertanian.

“Kenapa? Karena produksi pertanian itu resikonya kecil, kena covidnya kecil dibandingkan dengan di pabrik. Dan kalo ada krisis, pangan itu penting sekali,” ungkap Rizal.

Ia mencotohkan di krisis tahun 1998, pemerintah memutuskan untuk menghentikan pembangunan proyek dan berfokus pada masalah yang sedang dihadapi saat itu.

“Kita hentikan dulu selama dua tahun, lalu setelah ada uang kita mulai lagi,” kata Rizal.

“Saat ini, begitu dilihat angka angkanya kan masih banyak proyek ini, proyek itu. Jadi jelas tidak ada prioritas dalam

Tags : Rizal Ramli , Proyek , Fokus Negara

Berita Terkait