Airlangga Optimistis Ekonomi 2021 Positif

| Kamis, 21/01/2021 11:59 WIB
Airlangga Optimistis Ekonomi 2021 Positif Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto (Foto: Menko Perekonomian)

RADARBANGSA.COM - Tahun 2021 diyakini membawa perubahan ke arah yang positif, termasuk untuk perekonomian global.

Menko Airlangga Hartarto mengatakan keyakinan ini ditunjukkan melalui proyeksi beberapa lembaga internasional seperti International Monetary Fund (IMF), Bank Dunia  dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang memperkirakan ekonomi global tumbuh di kisaran 4%-5,2% pada 2021.

“Meskipun saat ini masih ada pembatasan sosial, namun akan kita dorong dalam waktu setahun ini,” tutur Airlangga, Kamis 21 Januari 2021.

Ia lantas menuturkan faktor kunci yang dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional di 2021. Pertama adalah menjaga konsumsi rumah tangga untuk mendorong daya beli masyarakat, sebab sektor ini menyumbang 57% dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Lalu, melakukan percepatan reformasi baik fiskal maupun struktural, antara lain melalui UU Cipta Kerja, reformasi anggaran dan pembentukan Lembaga Pengelola Investasi (LPI).

Airlangga juga mengatakan vaksin akan dapat menjadi game changer untuk memulihkan kondisi perekonomian nasional. Jumlah penduduk yang harus divaksinasi, berdasarkan skenario herd immunity mencapai sekitar 181,5 juta orang atau 70% dari total penduduk Indonesia. 

Tags : Airlangga , Ekonomi 2021

Berita Terkait