RISED: Fitur Paylater di Marketplace Semakin Diminati

| Rabu, 10/02/2021 15:59 WIB
RISED: Fitur Paylater di Marketplace Semakin Diminati Layanan Paylater di Marketplace Shoppe dan Gojek (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Sebagian besar masyarakat menilai jika layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) di Marketplace adalah alternatif solusi dalam mengelola keuangan selama pandemi.

Berdasarkan temuan  dari Research Institute of Socio-Economic Development (RISED), sebanyak 92 persen responden menyatakan bahwa layanan Paylater bermanfaat untuk mengelola pengeluaran dan arus kas.

“Riset kami menunjukkan kehadiran layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) harus dipandang sebagai solusi alternatif pengelolaan keuangan, bukan hanya soal instrumen pembayaran. Kehadiran layanann Paylater telah terbukti membantu konsumen mengatur arus kas dengan lebih baik terutama di masa pandemi yang penuh ketidakpastian,” demikian ungkap Peneliti RISED, Rumayya Batubara dalam laporannya, Rabu 10 Februari 2021.

Tak hanya itu, dalam temuannya, Rumayya mengatakan jika masyarakat merasa lebih aman dan mudah dalam membiayai aktivitas sehari-hari di masa pandemi.

Atas banyaknya umpan positif itu, penggunaan layanan Paylater juga terbukti semakin meningkat. RISED mencatat peningkatan penggunaan Paylater sebesar 22,52 persen bagi pengguna yang tergolong sangat sering dan 7,2% bagi pengguna yang tergolong sering.

Rumayya mengungkapkan terdapat dua faktor utama yang mendorong masyarakat semakin memanfaatkan layanan ‘bayar nanti’ (Paylater). Dua faktor tersebut adalah keamanan dan kenyamanan.

“Survei menemukan bahwa lebih dari 94% responden percaya pada jaminan perlindungan konsumen dan keamanan siber yang disediakan oleh penyedia layanan Paylater apabila telah terdaftar ataupun mendapatkan izin dari OJK,” kata Rumayya.

Selain itu proses pengajuan yang cepat dengan hanya mensyaratkan dokumen identitas (KTP) serta nominal pengajuan yang lebih rendah dibandingkan kartu kredit juga menjadi keunggulan layanan ini.

Sebagaimana diketahui, layanan ‘bayar nanti’ (Paylater) saat ini banyak ditawarkan oleh platform digital yang bekerjasama dengan pihak ketiga penyedia layanan cicilan.  Lebih dari 15 layanan e-commerce serta aplikasi on-demand telah menyediakan Paylater, seperti Kredivo, Shopee Paylater, Traveloka, Gojek, Grab, dan Tokopedia.

 

Tags : Paylater , RISED , SHOPPE PAYLATER

Berita Terkait