Keren! LPEI Siap Bantu UMKM Tembus Pasar Global

| Kamis, 25/02/2021 21:38 WIB
Keren! LPEI Siap Bantu UMKM Tembus Pasar Global Gedung Kementerian Keuangan RI (Foto: kemenkeugoid)

RADARBANGSA.COM - Kepala Divisi Advisory Services Indonesia Eximbank, Gerald Setiawan Grisanto mengatakan, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank siap membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar dapat menembus pasar global.

"Kami akan fokus memberikan dukungan bantuan pada UMKM terdampak Covid-19 terutama UMKM yang berorientasi ekspor," ujar Gerald Setiawan Grisanto dikutip laman kemenkeugoid, Kamis 25 Februari 2021.

Gerald menuturkan, LPEI memiliki peran yang lebih luas dibandingkan perbankan biasa karena mampu memberikan pembiayaan, penjaminan, juga jasa konsultasi yang dapat dilakukan secara beriringan.

"Peran ini diberikan kepada LPEI agar mampu mendorong pertumbuhan ekspor," tambahnya.

Untuk UMKM yang telah melakukan ekspor, kata Gerald, memungkinkan mendapatkan pembiayaan komersial dari LPEI. Sementara bagi UMKM yang belum ekspor tapi sudah berorientasi ekspor, LPEI telah bersinergi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Bea Cukai untuk membantu melalui berbagai program.

"Salah satunya adalah program CPNE (Coaching Program for New Exporters) sehingga diharapkan para UMKM dapat melakukan ekspor, mampu mengelola bisnis lebih baik, dan memperkuat relasi," kata Gerald.

Tags : LPEI , Kemenku , UMKM