Konsumsi Tiongkok Lesu, Harga Batubara Turun ke USD84,49/Ton

| Rabu, 03/03/2021 10:38 WIB
Konsumsi Tiongkok Lesu, Harga Batubara Turun ke USD84,49/Ton Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - Harga Batubara Acuan (HBA) tercatat mengalami penurunan sebesar USD3,3 per ton pada perdagangan bulan Maret 2021 menjadi USD84,49 per ton. Keputusan ini mempertimbangkan lesunya konsumsi listrik di Tiongkok sehingga berdampak pada minimnya permintaan batubara ke negara tersebut.

"Setelah berakhirnya perayaan tahun baru imlek dan menjelang berakhirnya musim dingin, konsumsi listrik di pusat - pusat bisnis Tiongkok mulai lesu," demikian kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, Rabu 3 Maret 2021.

Penurunan konsumi listrik juga dibarengi dengan kebijakan untuk meningkatkan produksi batubara domestik di negara - negara tujuan ekspor.

"Baik Pemerintah Tiongkok dan India mendorong peningkatan produksi batubara dalam negeri untuk mengimbangi kebijakan relaksasi impor batubara kedua negara tersebut," sambungnya.

Sebagai informasi, nilai HBA bulan Maret ini akan dipergunakan pada penentuan harga batubara pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Vessel).

Tags : Batubara , Harga Batubara

Berita Terkait