Pelindo IV Catat Pertumbuhan Trafik Kapal Selama Pandemi

| Selasa, 23/03/2021 12:55 WIB
Pelindo IV Catat Pertumbuhan Trafik Kapal Selama Pandemi Kapal Peti Kemas (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan untuk trafik arus kapal pada 2020 atau sepanjang badai pandemi berlangsung.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan, hingga akhir Desember 2020 total call kapal yang dilayani Perseroan mencapai 75.417 call kapal. Jumlah itu meningkat 0,142% jika dibandingkan dengan realisasi di tahun sebelumnya yang hanya mencapai 66.010 call kapal yang dilayani.

Dia menuturkan, peningkatan call kapal di tahun lalu menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 tidak terlalu berpengaruh terhadap arus kunjungan kapal utamanya di non dermaga umum.

“Karena meskipun pandemi tetapi permintaan barang khususnya di Kawasan Timur Indonesia masih tetap tinggi. Imbauan pemerintah yang meminta masyarakat untuk di rumah saja selama Virus Corona merajalela, menyebabkan tingkat konsumsi masyarakat meningkat,” terang Prasetyadi.

Selain itu lanjut dia, permintaan obat-obatan dan peralatan medis yang cukup tinggi selama masa pandemi juga memicu peningkatan pengiriman barang yang cukup tinggi di tengah masyarakat.

Dia juga mengungkapkan bahwa total jumlah arus barang yang dilayani hingga akhir tahun lalu mengalami penurunan tetapi tidak terlalu berarti, jika dibandingkan dengan realisasi di tahun sebelumnya (2019).

“Hingga akhir 2020, total jumlah arus barang yang dilayani Perseroan di dermaga umum dan non dermaga umum atau Terminal Khusus (Tersus) mencapai 52.194.681. Jika dibandingkan dengan realisasi arus barang di tahun sebelumnya yang mencapai 53.877.545, memang ada penurunan tetapi tidak begitu signifikan,” ujarnya.

Tags : Pelindo IV , Trafik Kapal Peti Kemas

Berita Terkait