KKP Salurkan Cold Storage Berkapasitas 50 Ton ke UMKM

| Rabu, 31/03/2021 07:30 WIB
KKP Salurkan Cold Storage Berkapasitas 50 Ton ke UMKM Cold Storage mampu menampung ribuan ton ikan (Doc: KKP)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan cold storage berkapasitas 50 ton untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pemindang ikan di Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Pasuruan termasuk salah satu daerah tumpuan pemindangan ikan di Provinsi Jawa Timur yang bahkan, produksinya meningkat selama pandemi COVID-19.  

"Total produksi pindang di Kabupaten Pasuruan bisa mencapai 14.375 kg atau 14,375 ton/hari. Ini angka yang luar biasa," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti, Selasa 30 Maret 2021.

Ia menuturkan selama ini, para pemindang menyimpan bahan baku di cold storage atau gudang beku milik swasta yang terletak di Surabaya dengan biaya sewa Rp2.500–5.000/kg.

Akibatnya, para pelaku usaha sering mengalami kerugian, baik dari kerusakan produk karena tidak segera terjual atau pada saat cuaca buruk, pasokan bahan baku berkurang dan minim cadangan bahan baku.

"Ini tentu tak efektif dan berpengaruh pada biaya produksi akibat tingginya biaya sewa cold storage dan transportasi," urainya.

Guna mengurangi kerugian yang dialami, Ditjen PDSPKP memberikan bantuan berupa gudang beku (cold storage) berkapasitas 50 ton untuk Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Bahari Indah di Pasuruan.

Artati berharap, bantuan ini bisa meringankan biaya produksi karena bahan baku disimpan pada gudang beku milik kelompok dan dekat dengan sentra pemindangan. Selain itu, kesegaran mutu ikan bisa terjaga dan produksi bisa ditingkatkan untuk memenuhi permintaan pasar.

"Kita tentu ingin konsistensi dan keberlanjutan usaha mereka terjaga," katanya.

Tags : Cold Storage , UMKM Perikanan

Berita Terkait