ITDC Pastikan PMN Rp500 Miliyar Digunakan Untuk Percepat The Mandalika

| Selasa, 06/04/2021 12:52 WIB
ITDC Pastikan PMN Rp500 Miliyar Digunakan Untuk Percepat The Mandalika Penampakan sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah MotoGP tahun 2021. (Foto: antaranewscom)

RADARBANGSA.COM - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) memastikan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp500 Milyar digunakan untuk mempercepat pembangunan kawasan pariwisata di KEK Mandalika (“The Mandalika”).

“Kami memastikan penambahan PMN dalam rangka program PEN yang masuk ke dalam modal saham Persero ini, akan digunakan sepenuhnya untuk mendukung pembangunan infrastruktur dasar dan fasilitas penunjang berkelas dunia di The Mandalika,” ungkap Direktur Keuangan dan Strategi ITDC, Nugdha Achadie, Selasa 6 April 2021.

Nugdha juga memastikan Dana PMN akan digunakan untuk membangun infrastruktur dasar dan fasilitas penunjang seperti pekerjaan drainase, pekerjaan tanah, pekerjaan perkerasan non aspal, pekerjaan perkerasan aspal, pekerjaan struktur dan pekerjaan landscape.

Dengan demikian ia berharap, pembangunan infrastruktur dasar dan fasilitas penunjang dapat selesai di tahun 2026.

“Dengan terbangunnya kawasan pariwisata ini, kami harapkan terjadi peningkatan jumlah lapangan pekerjaan serta pemberdayaan UMKM di kawasan sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19,” kata Nughda.

Melalui pembangunan The Mandalika ini, ditaksir ada penyerapan tenaga kerja kurang lebih 300 orang dalam periode konstruksi.

Selain itu, ada potensi penyerapan kembali secara bertahap 800 tenaga kerja bidang akomodasi di Kabupaten Lombok Tengah yang sempat dirumahkan, peningkatan occupancy rate hotel selama periode konstruksi, serta penyerapan tenaga kerja non-permanen dan tenaga kerja supporting permanen saat berlangsungnya kegiatan event di The Mandalika.

Pemanfaatan PMN ini juga akan mendukung pengembangan bisnis UMKM yang nantinya dapat menempati kios UMKM di Bazaar Mandalika, khususnya dalam hal perdagangan bahan mentah.

Tags : Itdc , The Mandalika

Berita Terkait