Tingkat Pengangguran Naik, Tommy Kurniawan Ajak Masyarakat Kreatif Berwirausaha 

| Selasa, 18/05/2021 15:41 WIB
Tingkat Pengangguran Naik, Tommy Kurniawan Ajak Masyarakat Kreatif Berwirausaha  Tommy Kurniawan (Anggota DPR RI Fraksi PKB). (Foto: IG @tommykurniawan)

RADARBANGSA.COM – Pandemi Covid-19 yang telah berlansung lebih dari satu tahun telah menyebabkan perekonomian dunia porak-poranda. Di tingkat nasional, dampak pandemi yang paling nyata membuat angka pengangguran semakin meningkat. 

Merujuk data dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran per Februari 2021 adalah 8,75 juta orang atau bertambah sekitar 1,82 juta orang dari yang tadinya berjumlah 6,93 juta orang pada Februari 2020. 

Menanggapi hal ini, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Tommy Kurniawan mengatakan pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama dalam mengatasi pengangguran. 

"Covid secara jelas membuat dunia usaha terpukul, demand berkurang dan income merosot. Pemerintah merasa perlu memberikan insentif agar dunia usaha bisa terus berjalan namun di sisi lain, masyarakat juga dituntut untuk kreatif," ungkap Tommy dalam Diskusi "Menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian" di Bogor, Jumat 30 April 2021

Ia menerangkan yang dimaksud dengan kreatif adalah perlunya masyarakat menciptakan inovasi dalam berusaha. Pandemi memang mendesak pengusaha untuk berpikir ulang dalam mengembangkan bisnis. 

"Ambil peluang yang ada di masa pandemi, kalau sekarang yang bisa mensupport usaha adalah dengan belanja online, maka buatlah bisnis yang sekiranya dapat ditunjang dengan bisnis online," kata Tommy. 

Masyarakat juga dapat melakukan riset mengenai bisnis apa saja yang bertahan dan rentan di masa pandemi. "Apakah makanan minuman, tekstil, jasa, peralatan rumah tangga atau kosmetik, itu semua bisa didalami lebih lanjut kira kira manakah yang bisa menciptakan peluang di tengah gonjang ganjingnya dunia usaha saat ini," terang Tommy.

Politisi PKB ini berharap agar keadaan pandemi bisa menjadi kesempatan besar dalam meningkatkan kewirausahaan indonesia. Sebelumnya, pemerintah mencatat rasio kewirausahaan Indonesia berada dibawah Singapura (8,76%) Malaysia (4,74) dan Thailand (4,26). 

"Jadi harus diambil baiknya, ini bisa dibilang kesempatan besar bagi masyarakat untuk meningkatkan tingkat kewirausahaan di negara kita. Indonesia raso kewirausahaannya masih sebesar 3,47%, jauh sekali dibanding negara tetangga," tukasnya.

Tags : tommy kurniawan , tomkur , wirausaha

Berita Terkait