DPR Minta Garuda Indonesia Tutup Rute Penerbangan Yang Merugikan

| Selasa, 22/06/2021 10:42 WIB
DPR Minta Garuda Indonesia Tutup Rute Penerbangan Yang Merugikan Garuda Indonesia (foto: tiket.com)

RADARBANGS.COM - Anggota DPR RI Komisi VI Mukhtarudin meminta PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) untuk menutup rute penerbangan internasional yang merugikan.

Ia menegaskan bahwa direksi perusahaan plat merah tersebut harus berani mengambil tindakan tegas dalam melakukan efisiensi, khususnya di tengah utang Garuda Indonesia yang semakin menumpuk yang kabarnya mencapai Rp70 triliun.

“Inilah yang dituntut dari Garuda, manajemen jangan ragu kalau rute penerbangan merugikan sebaiknya ditutup saja," ujar Mukhtarudin dalam Rapat Dengar Pendapat dengan direksi PT. Garuda Indonesia di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin 21 Juni 2021.

Tak hanya rute internasional saja, Mukhtarudin juga menyarankan menutup rute penerbangan lokal yang bisa menimbulkan kerugian.

"Apalagi ini perusahaan publik dengan prestige dan sejarah panjang bagi republik ini, maka manajemen harus ambil keputusan yang berani," ungkapnya.

Ia lantas juga mendorong manajemen agar memikirkan persoalan cashflow (arus kas) perusahaan. Termasuk bagaimana upaya perusahaan memperoleh modal, apakah cashflow cenderung stagnan atau adakah kemungkinan penyertaan modal kembali.

Sebab ia melihat, perusahaan ini ibarat sedang jatuh sakit. Dimana perusahaan yang tengah sakit ini masih bekerja keras dan berjalan jauh. Padahal badan yang sakit memerlukan istirahat dan pengurangan aktivitas. "Saya kira itu penting dilakukan, kalau tidak, tentu kurang baik bagi Garuda di masa depan," tutupnya.

Tags : Garuda Indonesia , Rute Garuda , Garuda Rugi

Berita Terkait