Rupiah Menguat 55 Poin Tengah Hari

| Senin, 05/07/2021 14:19 WIB
Rupiah Menguat 55 Poin Tengah Hari Rupiah dan Dolar (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat bergerak menguat siang ini. Rupiah tertolong oleh sentimen jangka pendek setelah data pengangguran AS bulan Juni 2021 menunjukkan peningkatan.

Mengutip data Bloomberg, pukul 14.14 WIB, kurs rupiah berada pada level Rp14.479 per dolar AS. Posisi tersebut menguat 55 poin atau 0,38% dibandingkan dengan posisi penutupan pasar spot pada akhir pekan Jumat sore lalu di level Rp14.532 per dolar AS.

Analis PT Monex Investindo Futures, Faisyal, mengatakan penguatan kurs rupiah hari ini terbantu oleh sentimen jangka pendek pelemahan dolar AS pada penutupan pekan lalu.

"Karena data tingkat pengangguran AS justru meningkat. Tidak sesuai ekspektasi pelaku pasar," kata Faisyal seperti dikutip dari Ipotnews, Senin siang.

Namun Faisyal mengatakan ini hanyalah jangka pendek. Tak lama lagi dolar AS akan segera rebound terhadap mata uang dunia.

“Dari dalam negeri juga belum ada faktor yang positif. PPKM darurat malah menjadi sentimen negatif karena pasti akan memperlambat laju pemulihan ekonomi Indonesia," tutup Faisya.

Tags : Rupiah , Kurs Rupiah