Investor Pasar Modal Naik Jadi 5,3 Juta Orang

| Jum'at, 09/07/2021 12:06 WIB
Investor Pasar Modal Naik Jadi 5,3 Juta Orang Ilustrasi. Pergerakan Saham di Kantor Bursa Efek Indonesia (Foto: Medanz.id)

RADARBANGSA.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kenaikan pesat pada jumlah investor di pasar modal.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso merinci kenaikannya mencapai 96 persen secara tahunan atau berjumlah 5,37 juta investor. Menariknya, investor ini didominasi investor ritel dan investor milenial.

"Saat ini ruang konsumsi lebih sempit sehingga milenial lebih tertarik uangnya dimasukkan di pasar modal. Ini fenomena yang sangat bagus," kata Wimboh seperti dikutip, Jumat 9 Juli 2021.

Adapun saat ini tercatat penghimpunan dana di pasar modal sebesar Rp 67,8 miliar per 29 Juni 2021. Jumlah ini berasal dari 68 penawaran umum khususnya dari sektor keuangan.

Wimboh melaporkan dengan adanya Covid-19 kondisi pasar keuangan terpantau melambat sejak pertengahan Maret sampai Mei 2021.

“Hal ini terdorong oleh dinamika emerging market akibat adanya pandemi Covid-19,” katanya.

Kendati demikian, Pada akhir tahun, ia optimis dana yang bisa terhimpun di pasar modal akan meningkat kisaran Rp 150 triliun sampai Rp 180 triliun. Hal itu lantara banyaknya investor baru dari kalangan milenial sebagai investor ritel.

Tags : Investor Milenal , Investor , OJK

Berita Terkait