Sri Mulyani Sangat Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2021 Tumbuh 7 Persen

| Senin, 12/07/2021 11:48 WIB
Sri Mulyani Sangat Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2021 Tumbuh 7 Persen Menkeu Sri Mulyani (foto: setkabgiid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan sangat optimis jika pertumbuhan ekonomi kuartal dua 2021 tetap bisa menyentuh angka tujuh persen.

Hal itu lantaran sebelum PPKM darurat pada April dan Mei terjadi pemulihan yang sangat kuat.

"Kita masih optimis di atas tujuh persen karena April-Mei hingga pertengahan Juni masih cukup kuat namun memang kita sadari risiko mulai melonjak dan ini berarti akan mempengaruhi terutama pada sisi konsumsi," ucapnya seperti dikutip, Senin 12 Juli 2021.

Ia menjelaskan PMI manufaktur indeks berada kisaran 53,5 merupakan zona ekspansif yang sangat kuat. Sementara itu indeks keyakinan konsumen juga berada pada zona optimis 107,4.

Indeks penjualan ritel kita dalam hal ini mencapai kenaikan 11,6 double digit yang cukup solid dan penjualan mobil sesuai insentif yang diberikan pemerintah melonjak sampai 194 persen pada April," ucapnya.

Sri Mulyani sangat berharap bahwa pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh di jalur positif meski diberlakan PPKM darurat.

"Kami masih berharap kalau ini bisa kita kendalikan bersama, masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dan juga vaksinasi berjalan, maka kita berharap Agustus-September kita bisa mengejar karena adanya penurunan aktivitas pada Juli ini. Kita berharap masih akan ada pertumbuhan ekonomi positif pada kuartal III dan IV," ungkapnya.

Sebelumnya pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi berada di angka delapan persen pada kuartal dua 2021. Namun setelah pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Sri Mulyani masih optimis jika Indonesia bisa mendaki angka 7 persen.

Tags : Pertumbuhan Ekonomi , Sri Mulyani

Berita Terkait