Mendag Amankan Stok dan Harga Pangan Selama PPKM

| Selasa, 27/07/2021 06:01 WIB
Mendag Amankan Stok dan Harga Pangan Selama PPKM Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi saat mengunjungi pasar di Sumatera Utara (Foto: kemendag)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah mengatakan bahwa stok dan harga pangan selama PPKM Darurat dan PPKM Level 4 wilayah Jawa–Bali sangat stabil dan terkendali.

Ditegaskan oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi bahwa distribusi pangan ke semua daerah juga berjalan lancar tanpa gangguan berarti.

“Kondisi saat ini, secara umum stok pangan cukup tersedia dengan ketahanan untuk satu sampai dua bulan ke depan, baik untuk komoditas beras, gula, daging sapi, dan komoditas bapok lainnya,” kata Mendag Lutfi dalam konferensi pers, Senin 26 Juli 2021.

Dia juga mengungkapkan, hasil pantauan Kemendag berkoordinasi dengan BUMN dan pelaku usaha menunjukkan kondisi stabil dan aman.

Lebih detail, beras memiliki ketahanan stok satu sampai sembilan bulan ke depan, ditambah dengan panen di beberapa sentra produksi. Sedangkan gula, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur ayam, bawang merah, dan bawang putih memiliki ketahanan stok lebih dari satu bulan ke depan. Sementara itu, pasokan cabai cukup hingga satu bulan ke depan, ditambah dengan mulainya panen cabai di beberapa daerah sentra produksi seperti Banyuwangi di Jawa Timur dan di Jawa Tengah. 

“Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan tetap berkomitmen penuh untuk memastikan kecukupan stok dan kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok (bapok) bagi masyarakat, baik selama masa PPKM di wilayah Jawa–Bali maupun PPKM di semua level di wilayah-wilayah Indonesia,” pungkas mendag.

Tags : Harga Pangan , Stok Pangan

Berita Terkait