Ekonomi Kreatif Sumbang Rp 1.100 Triliun ke Ekonomi RI

| Jum'at, 20/08/2021 10:16 WIB
Ekonomi Kreatif Sumbang Rp 1.100 Triliun ke Ekonomi RI Wisata Bali. (Foto: anekawisatacom)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan, ekonomi kreatif mempunyai peran sangat besar dalam perekonomian Indonesia dan pembangunan bangsa.

Dia mengungkapkan, ekonomi kreatif telah memberikan sumbangsih lebih dari Rp 1.100 triliun dengan total kontribusi 7,44 persen ke perekonomian Indonesia.

“Ekonomi kreatif memainkan peran yang luar biasa sentral dalam ekonomi indonesia dan pembangunan bangsa. menempatkan kita di posisi ketiga setelah Amerika dengan Hollywood, ada Korea dengan K-Pop. Indonesia telah merangsek di posisi ketiga," ujar Sandiaga dalam diskusi daring dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES), Kamis 19 Agustus 2021.

Disamping itu, 17 juta masyarakat juga dilaporkan bekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perkiraan 8 juta unit usaha kreatif.

23 persen dari 180 juta pengguna ponsel pintar di Indonesia merupakan kaum milenial yang melek teknologi.

"Mahasiswa UNNES (Mahesa) masuk ke dalam generasi Z. Jadi Mahesa harus ikut mampu untuk menopang bonus demografi yang kita harapkan membawa Indonesia menjadi negara yang sejahtera, adil makmur, dan maju di tahun 2045," kata dia.

Karena itu, pada kesempatan tersebut Sandiaga mengajak mahasiswa UNNES untuk meningkatkan potensi budaya lokal dalam perekonomian digital di tengah era globalisasi.

"Peran ekonomi kreatif dalam membangkitkan UMKM adalah sumber daya manusia yang mampu menghasilkan produk yang bernilai dan berjual daya tinggi," jelas Sandiaga.

 

 

Tags : Menparekraf , Kemenparekraf