Pemulihan Ekonomi, ASEAN Perkuat Kerja Sama dengan Negara Mitra

| Selasa, 24/08/2021 14:51 WIB
Pemulihan Ekonomi, ASEAN Perkuat Kerja Sama dengan Negara Mitra Logo ASEAN (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Direktur Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional (PPI) Djatmiko Bris Witjaksono mengungkapkan kerja sama antara ASEAN dan negara mitra ASEAN perlu ditingkatkan. Terutama, dalam mendukung implementasi prioritas ASEAN tahun 2021 dan mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Rangkaian pertemuan SEOM dengan negara mitra ASEAN ini diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan kerja sama global, khususnya dalam mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 dan mendukung implementasi prioritas ASEAN tahun 2021,” jelas Djatmiko dalam pertemuan ketiga Pejabat Ekonomi Senior ASEAN ke-52 (Senior Economic Officials Internal/SEOM 3/52) dengan negara mitra eksternal secara virtual, Senin 23 Agustus 2021 kemarin.

Dilansir kemendag, rangkaian pertemuan eksternal ASEAN SEOM dilakukan pada 5, 11, 16, dan 23 Agustus 2021 setelah sebelumnya dilakukan pertemuan internal pada 2-4 Agustus 2021 lalu.

Sementara itu, Direktur Perundingan ASEAN Dina Kurniasari mengungkapkan, Indonesia selaku negara kordinator, memegang peranan kunci untuk menyelesaikan Reference Paper pada pertemuan SEOM.

“Walaupun masih ada beberapa pending issue yang belum diselesaikan, namun Indonesia berharap dokumen ini bisa diselesaikan secepatnya dan ASEAN-Canada FTA dapat segera diluncurkan,” ujarnya.

Diketahui, ASEAN saat ini memiliki mitra dialog sebanyak 11 negara yaitu Australia, Tiongkok, Kanada, Uni Eropa, India, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia, Amerika Serikat, dan Inggris yang secara resmi menjadi mitra dialog ke-11 pada 5 Agustus 2021 lalu.

Di samping itu, ASEAN telah memiliki enam perjanjian perdagangan dengan negara yang menjadi mitra dialog yaitu AANZFTA, ACFTA, ASEAN-India Trade Area (AIFTA), ASEAN-Republic of Korea Free Trade Area (AKFTA), ASEAN–Japan Comprehensive Economic Partnership (AJCEP), serta Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

 

 

 

Tags : ASEAN , Pemulihan Ekonomi , Pandemi