Harga Minyak Turun Lantaran Kelebihan Pasokan di AS

| Kamis, 07/10/2021 10:28 WIB
Harga Minyak Turun Lantaran Kelebihan Pasokan di AS Minyak Mentah (Foto: Fortune)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak anjlok hampir 2 persen pada Rabu. Brent anjlok ke USD81,08 per barel dari USD83,47 per barel. Sementara West Texas Intermediate (WTI) turun ke USD77,43 per barel dari posisi USD79,78 per barel dalam beberapa tahun terakhir.

Reuters melaporkan jika persediaan yang melimpah di Amerika Serikat telah mebuat harga minyak jatuh ke posisi terendah nya dalam beberapa tahun.

Departemen Energi Amerika mencatat pasokan minyak mentah AS naik 2,3 juta barel pekan lalu. Begitupula dengan persediaan bensin yang juga meningkat.

Produksi AS meningkat menjadi 11,3 juta barel per hari, pulih dari penurunan terkait badai lebih dari sebulan lalu untuk rebound mendekati level tertinggi pandemi, tetapi masih jauh dari rekor 13 juta barel per hari yang dicapai pada 2019.

Menteri Energi Amerika, Jennifer Granholm, mengatakan AS dapat memerangi harga yang lebih tinggi dengan melepaskan minyak dari cadangan strategis atau menghentikan ekspor minyak mentah.

Harga minyak jatuh setelah berita itu, tetapi penurunannya moderat. Amerika Serikat mengakhiri larangan 40 tahun ekspor minyak mentah pada akhir 2015 dan sekarang mengirimkan lebih dari 3 juta barel minyak mentah setiap hari.

Tags : Harga Minyak

Berita Terkait