Ekspor ke Taiwan, Kemendag Fasilitasi UKM Tembus Pasar Global

| Selasa, 16/11/2021 20:19 WIB
Ekspor ke Taiwan, Kemendag Fasilitasi UKM Tembus Pasar Global Gedung Kementerian Perdagangan (foto: kemendag.go.id)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan pelepasan ekspor perdana ikan kering ke Taiwan, secara Hybrid, Selasa 16 November 2021.

Pelepasan ekspor sebanyak dua ton dengan nilai Rp 440 juta tersebut merupakan keberhasilan Kemendag melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) bekerja sama dengan dengan perwakilan perdagangan di luar negeri dalam memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menembus pasar ekspor.

“Pelepasan ekspor ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata Pemerintah dalam mengembangkan UKM Go Global. Keberhasilan menembus pasar ekspor ini merupakan proses yang panjang dan tidak mudah sehingga keberhasilan UKM dalam menembus pasar global menjadi prestasi yang membanggakan dan harus dikembangkan,” ujar Dirjen PEN Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Didi, Taiwan memiliki pasar yang cukup potensial. Salah satunya disebabkan populasi warga negara Indonesia di Taiwan yang merupakan jumlah terbanyak di dunia, yaitu sekitar 300 ribu orang. Selain itu, Taiwan merupakan negara dengan standar kualitas yang cukup tinggi. Artinya, UKM yang telah menembus pasar Taiwan dapat memenuhi standar global.

“Banyaknya diaspora Indonesia di Taiwan dapat dimanfaatkan untuk membantu ekspor ke Taiwan. Ke depan, KDEI diharapkan terus melakukan pengembangan dan penetrasi pasar Indonesia di Taiwan melalui diaspora,” terang Didi.

Tags : Kemendag , UKM , Ekspor

Berita Terkait