Keren! Jelang Akhir Tahun, Mendag Lutfi Lepas Ekspor dari 26 Provinsi

| Kamis, 23/12/2021 16:48 WIB
Keren! Jelang Akhir Tahun, Mendag Lutfi Lepas Ekspor dari 26 Provinsi Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan RI). (Foto: twitter @Kemendag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi memimpin pelepasan ekspor senilai Rp35,03 triliun atau setara 2,44 miliar dolar AS dari 62 kabupaten/kota di 26 provinsi. Pada kesempatan itu, Lutfi menegaskan bahwa ekonomi nasional mulai pulih sehingga harus terus dijaga secara serius supaya perekonomian nasioal segera bangkit dan tumbuh.

“Pelepasan ekspor ini merupakan kolaborasi dan kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para pelaku usaha untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional, serta meningkatkan kinerja ekspor nasional. Saya berharap pelepasan ekspor ini dapat memotivasi kalangan dunia usaha untuk terus mempertahankan dan memperluas pasar ekspornya,” kata Mendag saat memimpin pelepasan ekspor akhir tahun 2021 yang diikuti 278 eksportir secara hibrid, Kamis, 23 Desember 2021.

Disampaikannya, pertumbuhan ekspor yang signifikan juga akan mendorong inovasi dan peningkatan kualitas industri dalam negeri. "Kedua hal ini merupakan fondasi utama untuk memulihkan ekonomi nasional dan mewujudkan cita-cita Indonesia Maju 2045," ujarnya.

Selain lokus utama di Karawang, Jawa Barat, terdapat 17 titik pelepasan di antaranya Pangkal Pinang (Bangka Belitung), Pelalawan dan Pekanbaru (Riau), Bogor dan Bekasi (Jawa Barat), Salatiga, Boyolali, dan Semarang (Jawa Tengah), Gresik dan Sidoarjo (Jawa Timur), Mataram (NTB), Pontianak (Kalimantan Barat). Secara keseluruhan, terdapat 26 provinsi yang mendukung acara Pelepasan Ekspor Akhir Tahun 2021.

Tags : Mendag RI , Ekspor , Ekonomi Nasional , Indonesia

Berita Terkait