PLN Klaim Pasokan Batubara untuk Pembangkit Aman

| Selasa, 11/01/2022 17:18 WIB
PLN Klaim Pasokan Batubara untuk Pembangkit Aman PLTU Terbesar di Indonesia (foto:economy.okezone.com)

RADARBANGSA.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengatakan jika stok batubara domestik saat ini cukup untuk memastikan keandalan listrik di seluruh Indonesia.  Keandalan pasokan ini dapat terus terjaga selama suplai batu bara terpenuhi.

“Saat ini, kondisi ketersediaan batu bara terus meningkat dan sudah mengalami perbaikan dibandingkan kondisi pada 31 Desember 2021,” ungkap Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi dalam keterangannya Selasa 11 Januari 2022.

Intervensi pemerintah melalui kebijakan larangan ekspor batu bara telah memberikan dampak positif terhadap pasokan batu bara ke pembangkit PLN.

Hingga kini, PLN telah mendapatkan komitmen pasokan dari tambang untuk menjaga keamanan produksi listrik. Total kebutuhan batubara untuk mencapai HOP ideal minimal 20 hari berkisar antara 16 sampai 20 juta MT sesuai tingkat kesuksesan pengiriman batu bara, yang dipenuhi dari kontrak reguler maupun penugasan khusus dari Ditjen Minerba Kementerian ESDM. Kebutuhan ini secara bertahap akan dipenuhi sampai dengan 31 Januari 2022.

“Kami memastikan pasokan daya listrik cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik siang maupun malam hari, meskipun di beberapa daerah mengalami peningkatan konsumsi listrik seiring dengan pulihnya perekonomian nasional,” kata Agung.

Tags : PLN , Batubara , Listrik