BUMN Holding UMi Diminta Masifkan Sosialisasi Program Permodalan ke Masyarakat

| Jum'at, 04/02/2022 23:12 WIB
BUMN Holding UMi Diminta Masifkan Sosialisasi Program Permodalan ke Masyarakat Mesin ATM Bank BRI (Doc: Investor Daily)

RADARBANGSA.COM - Komisi VI DPR RI terus menyoroti masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum bisa mengakses layanan keuangan.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana mengatakan, hal itu harus dijadikan sebagai peluang oleh BUMN Holding Ultra Mikro (UMi) yang terdiri dari PT BRI, PT Pegadaian, dan PT PNM untuk hadir sebagai lembaga keuangan yang dapat memberikan bantuan permodalan terjangkau bagi rakyat.

“Kami sebetulnya berharap pada BRI yang cabangnya luar biasa unitnya ada di desa-desa, Pegadaian yang ada di tengah-tengah masyarakat, maupun PNM yang ada di tengah-tengah masyarakat juga, saya pikir ini mesti harus terlibat lebih proaktif mensosialisasikan,” ujar Ananta dikutip laman dpr, Jumat 4 Februari 2022.

Sementara itu, untuk memaksimalkan penyaluran bantuan permodalan, Ananta mengunkapkan, Holding UMi perlu memperhatikan syarat yang harus dipenuhi agar pelaku usaha mikro dan kecil dapat mengakses permodalan dan peminjaman dana.

“Misalkan penerima bantuan wirausaha pemula, itu syaratnya adalah umur di bawah 45 tahun misalnya. Lah kemudian kita bertanya, kalau sudah di atas 45 tahun ke atas dan dia masih produktif apa dia harus mati? Pemerintah harus bisa memfasilitasi itu. Jadi saya berharap kebijakan kebijakan pemerintah itu harus membumi dan mengakar sehingga kondisi masyarakat realnya kayak apa mereka harus disesuaikan” tegas Ananta.

Selain itu, Ananta juga mengusulkan perlunya dibentuk divisi khusus yang bertugas memonitoring bisnis pelaku UMKM yang diberikan bantuan modal oleh Holding Umi.

“Jadi ini mesti harus kalau saya pikir BRI, Pegadaian, dan PNM itu mesti juga perlu ada satu divisi untuk me-monitoring khususnya kaitannya dengan UMKM terutama pada saat pandemi. Jadi tidak bisa melempar duit memberikan bantuan itu didiamkan saja," usulnya.

Tags : UKM , UMKM , Kredit Mikro