Mendag: Stok Bapok Jelang Puasa dan Lebaran Terkendali

| Senin, 21/02/2022 15:01 WIB
Mendag: Stok Bapok Jelang Puasa dan Lebaran Terkendali Komoditas Kedelai (Doc: CNBC)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan pasokan barang kebutuhan pokok  (bapok)  untuk  menghadapi  puasa  Ramadan  dan  Lebaran  Hari  Raya  Idulfitri  di  wilayah  Indonesia terkendali  dengan  harga  yang  terjangkau.

Pasokan bapok tersedia di seluruh wilayah Indonesia untuk satu setengah bulan ke depan. Meskipun terdapat beberapa kendala terkait distribusi, khususnya di wilayah terluar Indonesia untuk komoditas minyak goreng (migor),”papar Mendag Lutfi dalam keterangannya, Senin 21 Februari 2022.

Menurutnya, secara umum pasokan migor sudah digelontorkan dan harga akan berangsur normal dalam  beberapa  waktu  ke  depan.  Untuk  komoditas  lainnya  sepertigula,  pasokannya  melimpah  dan harga dalam kondisi terkendali.

“Untuk itu, Kemendag memastikan stok ada, tidak merugikan petani, dan pada saat bersamaan memastikan pada puasa dan Lebaran tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,”ucapnya.

Sementara   itu,   Direktur   Jenderal   Perdagangan   Dalam   Negeri   Oke   Nurwan   menyampaikan,   rakornas dilaksanakan  untuk  meningkatkan  sinergi  dan  identifikasi  kesiapan  Pemerintah  Pusat,    Pemerintah  Daerah, Perum   Bulog,   Satgas   Pangan   Polri,   dan   pelaku   usaha.   Khususnya,   dalam   mengantisipasi   kecukupan stok/pasokan bapok menghadapi puasa dan Lebaran 2022/1443 H.

“Rakornas merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan menjelang Hari Besar Keagamaan  Nasional (HBKN)  Puasa  dan  Lebaran.  Rakornas  dilaksanakan  untuk  memastikan  stabilitas  harga  dan  ketersediaan pasokan di tengah potensi peningkatan permintaan masyarakat terhadap bapok pada periode tersebut,”jelas Oke.

Tags : bapok , lebaran , puasa

Berita Terkait