Dari Pembekuan Aset Hingga Penyetopan Dana, Ini Sederet Sanksi untuk Rusia

| Kamis, 24/02/2022 13:32 WIB
Dari Pembekuan Aset Hingga Penyetopan Dana, Ini Sederet Sanksi untuk Rusia Presiden Rusia, Vladimir Putin (Doc: VOA)

RADARBANGSA.COM – Blok Barat tengah beramai – ramai menjatuhkan sanksi terhadap rusia merespon keputusannya yang mengakui kemerdekaan dua wilayah di Ukraina Timur.

Mulai dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Prancis, Jerman, Uni Eropa, hingga Jepang telah menjatuhkan sanksi terhadap Rusia.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah sederet sanksi yang dijatuhkan oleh ke7 negara ataupun organisasi pemerintahan tersebut,

 

Menyetop Pembiayaan

Amerika Serikat (AS) melarang bank maupun lembaga keuangan lainnya di AS untuk memperdagangkan saham atau meminjamkan ke dana Rusia.

Presiden Joe Biden dalam sebuah catatan mengatakan bahwa, "(Rusia) tidak bisa lagi mengumpulkan uang dari Barat dan tidak bisa memperdagangkan utang barunya di pasar kita atau pasar Eropa juga."

 

Pembekuan Aset

Inggris menjatuhkan sanksi pada lima bank Rusia termasuk Rossiya dan Promsvyazbank. Pemerintah setempat juga memberi sanksi ke tiga orang terkaya di Rusia, Gennady Timchenko, Boris Rotenberg, dan Igor Rotenberg.

Hal serupa juga dilakukan AS yang akan membekukan aset pejabat Rusia yang diduga melakukan korupsi bersama Putin. Asetnya di perbankan AS akan dibekukan.

Menyusul Inggris dan AS, Anggota Uni Eropa (UE) dengan suara bulat menyetujui pembekuan Bank yang membiayai pembuat keputusan Rusia

 

Pemberhentian Proyek Pipa Nord Stream 2

Jerman membekukan Proyek Pipa Nord Stream 2, dimana dalam aspek pembiayaannya banyak didominasi oleh BUMN Rusia, Gazprom.

Proyek Pipa Nord Stream 2 adalah jalur pipa gas yang membentang dari Rusia dan Jerman tanpa harus melewati sejumlah negara Eropa Timur. Jalur pipa tersebut kini sudah rampung  namun belum beroperasi.

 

Larangan visa

Jepang adalah salah satu negara Asia pertama yang menjatuhkan sanksi atas tindakan rusia di ukraina timur. Dalam hal ini Jepang melarang visa individu  yang terkait dengan wilayah Ukraina timur yang dikendalikan oleh separatis pro-Kremlin.

UEA  juga melarang perizinan visa terhadap 351 anggota Duma, dan anggota parlemen Rusia.

 

Larangan Berinvestasi di Aset Rusia

Selain melarang perizinan visa, Jepang juga melarang penerbitan dan perdagangan obligasi pemerintah Rusia di negerinya.

Langkah serupa dilakukan oleh Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau, yang melarang warga terlibat dalam pembelian surat utang negara Rusia.

Sanksi tambahan juga diberikan ke bank-bank Rusia. Transaksi keuangan tidak akan diizinkan, termasuk dengan Donetsk dan Lugansk.

Tags : sanksi , rusia , obligasi

Berita Terkait