Agresi Militer Rusia Dimulai, Kurs Rupiah Melemah di Akhir Perdagangan

| Kamis, 24/02/2022 16:44 WIB
Agresi Militer Rusia Dimulai, Kurs Rupiah Melemah di Akhir Perdagangan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Melemah (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kurs Rupiah ditutup melemah 0,37% pada penutupan pasar sore hari ini.

Data Bloomberg mencatat, bahwa Rupiah jatuh ke posisi Rp14.391 atau melemah 54 poin dari posisi pembukaan.

Sentimen negatif yang membayangi mata uang garuda adalah invasi Rusia ke Ukraina yang diduga telah dilancarkan pada dini hari, Kamis 24 Februari 2022.

Di sisi lain, dolar AS menguat pada Kamis, efek dari Ukraina mengumumkan keadaan darurat dan Rusia mengirim pasukan ke Ukraina timur.

Pesiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa operasi militer di Ukraina dilancarkan untuk membela separatis di wilayah timur negara itu yaitu, Donbas (Donetsk - Bassin).

Pengumuman mengejutkan ini disampaikan Putin di saat negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB menggelar sidang darurat untuk membahas krisis Rusia-Ukraina.

Separatis di dua wilayah Ukraina yang didominasi etnis Rusia, meminta bantuan Rusia dalam memukul menghadapi pasukan pemerintah Ukraina.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin telah meluncurkan "invasi skala penuh" pada Kams dini hari. Suara-suara ledakan terdengar di kota-kota di Ukraina.

Sebelumnya Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres sebelumnya meminta dengan sangat ke Rusia untuk mundur dari ambang perang dengan Ukraina.

Namun permintaan itu tak digubris oleh Rusia bahkan meski Blok Barat menjatuhkan bermacam sanksi untuk menahan laju invasi Rusia.

Tags : Rupiah , ukraina , rusia