Ajang MotoGP Mandalika, Pemerintah Hadirkan Lebih Dari 1.500 Produk UMKM

| Senin, 07/03/2022 17:21 WIB
Ajang MotoGP Mandalika, Pemerintah Hadirkan Lebih Dari 1.500 Produk UMKM Mandalika, Kuta Lombok (foto:setkab)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM akan menyelenggarakan pameran produk UMKM di ajang MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki, lebih dari 1.500 produk UMKM unggulan dari 14 Provinsi akan digandeng untuk memamerkan produknya di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Produk yang akan ditampilkan yaitu produk kategori otomotif, merchandise, souvenir, healthy product, serta food and beverages,” kata Teten Masduki di Jakarta, Minggu 6 Maret 2022.

Pada tahun 2021 lalu, lanjut Teten, industri otomotif mengalami peningkatan sebesar 17,82 persen, serta menyerap sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri.

"UMKM merupakan sektor pendukung industri otomotif di antaranya sebagai supplier part atau komponen kendaraan sehingga UMKM harus turut serta dalam pertumbuhan industri ini," tambahnya.

Teten menilai event MotoGP merupakan agenda internasional yang harus dimanfaatkan seluruh pelaku UMKM Indonesia. Mereka berkesempatan untuk menunjukkan potensinya di kancah internasional, menjadi sarana perluasan produksi, menjaring investasi, serta pengembangan produk yang berkualitas.

"Event Pameran UMKM Otomotif dan Travel ini merupakan rangkaian promosi UMKM dan jasa pariwisata dalam mendukung event MotoGP Mandalika. Kita harus menunjukkan produk UMKM kita memiliki kualitas, daya saing, dan mampu masuk dalam rantai nilai nasional maupun global," ujarnya.

"MotoGP akan mengangkat industri UMKM dan otomotif. Kita harus punya target terukur. Kalau 10 tahun saya optimis kita bisa menggerakan industri otomotif Indonesia berkelas dunia," sambungnya.

 

Tags : MotoGP Mandalika , UMKM

Berita Terkait