Wapres Maruf Amin Minta Kolaborasi Kementerian Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

| Selasa, 08/03/2022 17:41 WIB
Wapres Maruf Amin Minta Kolaborasi Kementerian Jamin Ketersediaan Bahan Pokok KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menghimbau agar kasus kelangkaan minyak goreng dan naiknya harga kedelai pada beberapa waktu lalu tidak terulang lagi jelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Ia menekankan agar pihak terkait menjamin ketersediaan bahan pokok di seluruh Indonesia.

"Saya memperoleh berbagai penjelasan, utamanya terkait bahan pokok dalam menghadapi ramadhan dan hari raya, ini menjadi penting, saya menekankan, agar tidak terjadi kekurangan seperti kemarin terjadi misalnya ketidaktersediaan minyak goreng, kedelai dan lainnya," ujar Wapres Maruf Amin saat konferensi persnya di kantor Kementerian Pertanian, Selasa, 8 Maret 2022.

Untuk itu, Kiai Maruf meminta Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa berkolaborasi untuk menjamin ketersediaan bahan pokok beserta stabilitas harganya. "Saya juga berharap bahwa pentingnya mengendalikan harga, agar tidak naik terlalu tinggi, biasanya memang pada bulan ramadhan itu ada kenaikan, tapi dalam batas batas wajar," terangnya.

Agar kelangkaan bahan pokok tidak terjadi, Wapres secara khusus meminta Kementerian terkait segera mengambil langkah antisipasi menghadapi lonjakan harga yang biasanya sering terjadi saat bulan Ramadhan. "Harus dilakukan langkah antisipasi jangan sampai ada kenaikan yang lebih, bukan hanya kepada Kementerian pertanian, tapi juga kepada kementerian lain, sebab tidak semuanya berada di kementerian pertanian, ada Kemendag hingga BUMN," tuturnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Ramadhan , Bahan Pokok , Indonesia