The Fed Minta Suku Bunga Dinaikkan 12 Kali Tahun Ini

| Sabtu, 19/03/2022 10:20 WIB
The Fed Minta Suku Bunga Dinaikkan 12 Kali Tahun Ini Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - The Federal Reserve (The Fed) mengisyaratkan agar suku bunga dinaikkan 12 kali sepanjang tahun ini.

Presiden The Fed St Louis James Bullard mengatakan langkah itu diambil untuk meyakinkan publik bahwa The Fed serius dalam memerangi inflasi.

"Ini (kenaikan di atas 3%) akan dengan cepat menyesuaikan tingkat kebijakan ke tingkat yang lebih tepat untuk keadaan saat ini," kata Bullard dikutip CNBC, Sabtu 19 Maret 2022.

Pejabat The Fed atau Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Rabu mengatakan akan menaikkan suku bunga bank sebesar 0,25 poin.

Langkah itu adalah pertama kalinya dilakukan The Fed sejak tahun 2008 atas respon inflasi yang begitu tinggi pada dua periode pandemi.

Dalam pernyataannya Jumat, Bullard mengatakan inflasi merugikan orang-orang yang coba dibantu oleh The Fed, yaitu mereka yang berada di tangga ekonomi yang lebih rendah.

“Beban inflasi yang berlebihan sangat berat bagi orang-orang dengan pendapatan dan kekayaan sederhana dan bagi mereka yang memiliki kemampuan terbatas untuk menyesuaikan diri dengan kenaikan biaya hidup,” katanya.

Oleh karenanya, dia secara lantang meminta kenaikan suku bunga 0,5 poin atau 50 basis poin.

Lebih lanjut, The Fed juga seharusnya memulai proses pengurangan kepemilikan obligasi hampir $9 triliun yang telah terakumulasi selama 14 tahun terakhir.

Tags : The Fed , Suku Bunga

Berita Terkait