IEA Juga Lepaskan Cadangan, Harga Minyak Turun 5%

| Kamis, 07/04/2022 06:21 WIB
IEA Juga Lepaskan Cadangan, Harga Minyak Turun 5% Minyak Hitam (Foto: Fortune)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak mentah berjangka turun 5% setelah keputusan negara - negara Badan Energi Internasional (IEA) yang akan melepaskan cadangan minyak.

Tercatat pada Rabu Malam/ Kamis Pagi, Minyak mentah berjangka Brent, anjlok USD5,57, menjadi USD101,07 per barel. Sementara WTI, menyusut USD5,73, atau 5,6% menjadi USD96,23 per barel.

Mengutip Reuters, IEA dan Amerika Serikat (AS) mengestimasi melepaskan 120 juta barel dari cadangan mereka guna menahan kenaikan harga. Adapun rinciannya, 60 juta dari cadangan AS dan 60 juta sisanya IEA.

Dengan pelepasan cadangan itu, pasokan minyak di seluruh dunia akan bertambahn sekitar 2 juta barel per hari selama dua bulan ke depan. Dengan demikian, kenaikan harga akan tertahan.

Sebagai informasi, Amerika Serikat dan sekutunya, menyiapkan sanksi baru terhadap Moskow atas pembunuhan warga sipil di Ukraina, yang oleh Presiden Volodymyr Zelenskiy digambarkan sebagai "kejahatan perang."

Namun Rusia sendiri membantah menargetkan warga sipil.

Ke-27 negara anggota akan memutuskan apakah akan menyetujui usulan sanksi Uni Eropa tentang larangan pembelian batu bara Rusia dan pemblokiran akses kapal Rusia ke pelabuhan Uni Eropa.

Tags : Minyak , Brent , WTI