Kemendag: Harga Bahan Pokok di 216 Pasar Masih Stabil

| Rabu, 13/04/2022 14:02 WIB
Kemendag: Harga Bahan Pokok di 216 Pasar Masih Stabil Pedagang Ayam di Pasar Rakyat (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perdagangan menyatakan bahwa harga Bahan Pokok (Bapok) di 216 pasar relatif stabil.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memastikan kondisi itu setelah memantau melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) di 216 pasar yang tersebar di 90 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Stok bapok tersedia menjelang Ramadan berdasarkan hasil pemantauan di pasar rakyat Perkembangan harga sampai dengan H-20 Idulfitri 2022 sejumlah kebutuhan bapok secara umum terpantau relatif stabil,” kata Wamendag, dalam keterangannya, Rabu 13 April 2022.

Wamendag mengatakan pemerintah saat ini fokus untuk menjamin keberlangsungan suplai dan stok untuk masyarakat.

Terkait harga, kata dia, dilaporkan ada beberapa komoditas bapok yang naik masih dalam batas kewajaran karena ada peningkatan permintaan saat Ramadan. Namun, sejauh ini stok masih tersedia.

Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk memastikan kecukupan cadangan pangan pemerintah dan optimalisasi distribusi barang kebutuhan pokok melalui penugasan Bulog dan ID Food.

“Semoga masyarakat dapat khusyuk menjalankan ibadah Puasa dan merayakan Lebaran serta memenuhi kebutuhan pokok dengan ketersediaan yang baik dan harga yang wajar,” harapnya.

Tags : Bahan Pokok , Wamendag

Berita Terkait