Wapres Maruf Amin Ungkap Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Produsen Halal Dunia

| Kamis, 14/04/2022 19:51 WIB
Wapres Maruf Amin Ungkap Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Produsen Halal Dunia KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyampaikan bahwa Indonesia memiliki keuatan dan peluang untuk menjadi pusat produsen halal terkemuka dunia. Hal itu diutarakan dalam sambutannya secara virtual pada acara Talkshow dan Anugerah Adinata Syariah 2022, Kamis, 14 April 2022.

"Menilik prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah kondisi global yang perlu diantisipasi, secara khusus saya ingin menggarisbawahi beberapa kekuatan dan peluang mewujudkan visi Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka dunia," kata Kiai Maruf.

Diungkapkannya, kekuatan dan peluang pertama yakni, sektor ekonomi dan keuangan syariah nasional telah teruji mampu menyangga ekonomi Indonesia selama pandemi, bahkan berjalan secara inklusif melalui pemberdayaan ekonomi seluruh lapisan masyarakat. "Bank Indonesia menyatakan pangsa sektor unggulan rantai nilai halal dapat menopang 25 persen lebih dari ekonomi nasional. Sektor pertanian menduduki peringkat teratas dengan kontribusi mencapai 51 persen, diikuti sektor makanan halal sekitar 27 persen, pariwisata ramah muslim 16 persen, dan fesyen muslim sekitar 6 persen," terang Wapres.

Kedua, faktor jumlah penduduk dan permintaan, serta gaya hidup halal yang kian marak di Indonesia bahkan juga di dunia, juga membuka peluang yang besar bagi pertumbuhan produk halal. Menurut Kiai Maruf, bagi umat Islam sendiri mengonsumsi produk halal sejatinya bukan hanya soal keimanan, tetapi juga terkait dengan aspek kesehatan dan keamanan produk.

"Tantangan yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan kehalalan produknya, melalui sertifikasi halal agar produk-produk tersebut bisa diterima, baik di pasar domestik maupun pasar global, khususnya ke negara-negara muslim," tukasnya.

Ketiga, kekuatan sektor keuangan syariah harus dapat bersinergi untuk mengembangkan sektor industri produk halal, khususnya dukungan aspek pembiayaan.

Untuk itu, Wapres menekankan, sektor keuangan syariah harus terus mengikuti arah pengembangan sektor industri produk halal sehingga para pelaku di sektor industri memiliki akses bagi pembiayaan.

Sementara itu, di luar ketiga hal tersebut, Wapres menyampaikan Indonesia patut mensyukuri raihan sebagai peringkat pertama Islamic Finance Country Index (IFCI) pada Global Islamic Finance Report 2021.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Produk Halal , Indonesia