Indonesia Dukung Keberlanjutan Lingkungan di Sektor Minyak Nabati

| Selasa, 12/07/2022 09:49 WIB
Indonesia Dukung Keberlanjutan Lingkungan di Sektor Minyak Nabati Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Sebagai salah satu produsen dan pengekspor minyak nabati utama dunia, termasuk minyak sawit dan minyak kelapa, Indonesia terus menekankan pentingnya keberlanjutan di seluruh sektor minyak nabati.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan hal tersebut dilakukan diantaranya melalui pemanfaatan smart farming pada perkebunan kelapa maupun dukungan replanting bagi petani sawit.

Selain itu, diperlukan juga lingkungan yang kondusif serta penyediaan sumber daya dan keterampilan untuk mendukung petani kecil dalam mewujudkan produksi berkelanjutan atas komoditas yang digunakan untuk menghasilkan minyak nabati.

“Dalam hal ini, kami terus percaya bahwa upaya bersama untuk memastikan keberlanjutan di pasar minyak nabati global harus dilakukan secara holistik dan nondiskriminatif,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resminya, selasa 12 Juli 2022.

Sementara itu, bahkan sebelum terjadinya krisis global, minyak nabati telah lama menjadi sumber mata pencaharian bagi petani skala kecil serta sumber mesin pembangunan di banyak negara berkembang. Sehingga penting untuk memastikan kesinambungan pasokan minyak nabati yang cukup ke pasar global untuk mencegah volatilitas harga lebih lanjut dan guncangan terhadap ekonomi global.

Dengan mempertimbangkan pertumbuhan populasi global dan meluasnya penggunaan minyak nabati di berbagai industri, maka diperkirakan ukuran pasar global minyak nabati akan meningkat dari 199,1 juta metrik ton pada tahun 2020 menjadi 258,4 juta metrik ton pada tahun 2026.

Tags : Minyak Nabati , Keberlanjutan Lingkungan

Berita Terkait