Indonesia Tawarkan Produk Suplemen Pertanian ke Nigeria

| Selasa, 26/07/2022 11:25 WIB
Indonesia Tawarkan Produk Suplemen Pertanian ke Nigeria Sektor Pertanian Bawang Merah (Doc: Harian Jogja)

RADARBANGSA.COM – Nigeria sedang menjajaki kemungkinan mendapatkan beberapa produk suplemen pertanian dari Indonesia, seperti vitamin tanaman dan vitamin ternak. Peluang tersebut rupanya disambut baik Nigeria.

Penjajakan diinisiasi Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos dan The Nigerian Association of Chamber of Commerce, Industry, Mines, and Agriculture (NACCIMA), serta didukung Kedutaan Besar RI (KBRI) Abuja.

“Masih banyak ruang dan kesempatan untuk perbaikan, terutama untuk produk Indonesia seperti suplemen pertanian. Dengan penjajakan bisnis ini, diharapkan Nigeria dan Indonesia dapat memanfaatkan potensi masing-masing untuk mengembangkan hubungan perdagangan kedua negara,” jelas Duta Besar Indonesia untuk Nigeria Usra Hendra Harahap dalam keteranganya, Selasa 26 Juli 2022.

Hendro meyakini, penjajakan bisnis ini dapat membuka lebih banyak pintu dan mengembangkan lebih banyak hubungan bisnis di sektor apa pun antara dua negara.

Sebagai informasi Pada 2021, total perdagangan Indonesia-Nigeria tercatat USD 2,5 miliar dan mengalami pertumbuhan positif sebesar 59% dari tahun 2021. Hal itu dikontribusi oleh ekspor Indonesia ke Nigeria sebesar USD 463 juta.

Pada Januari—Mei 2022, total perdagangan Indonesia-Nigeria tercatat USD 2 miliar. Nilai ini meningkat 92 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tingginya pertumbuhan total perdagangan kedua negara disumbangkan total ekspor Indonesia ke Nigeria mencapai USD 287 juta dengan pertumbuhan 1,7 persen dibandingkan tahun lalu.

“Di sektor migas, Indonesia mengimpor dari Nigeria minyak mentah. Di sektor nonmigas, Indonesia mengimpor biji kakao; aluminium mentah; bijih seng dan konsentrat; dan kacang tanah,” tutup Hendro.

 

Tags : Nigeria , Suplemen , Indonesia