Jelang Peralihan Musim, Konsumsi Batubara Dunia Diprediksi Puncaki Rekor

| Rabu, 03/08/2022 09:57 WIB
Jelang Peralihan Musim, Konsumsi Batubara Dunia Diprediksi Puncaki Rekor Tambang Batubara (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Konsumsi batubara global diperkirakan akan mencapai rekor yang sebelumnya telah dicapai pada 10 tahun yang lalu akibat krisis pasokan global yang terus berlanjut.

Peralihan musim di Eropa akan memaksa Pemerintah untuk mengamankan listrik salah satunya melalui Pengaktifan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Batubara.

“Karena tidak ada yang membangun kapasitas dan pasar akan tetap ketat mengingat cuaca dan Covid. Sehingga permintaan pasar akan tetap tinggi lebih lama, mungkin hingga tahun kalender 2023,” kata analis senior Shaw and Partners Peter O`Connor, seperti dikutip CNBC, Rabu 3 Agustus 2022.

Laporan Badan Energi Internasional (IEA), Rabu pekan lalu memperingatkan bahwa konsumsi batubara global akan meningkat sebesar 0,7% pada tahun 2022, menyamai rekor tahun 2013, dengan asumsi ekonomi China pulih pada paruh kedua tahun ini.

Situasi tersebut juga akan meningkatkan konsumsi batubara di Uni E ropa sebesar 7% pada tahun 2022, setelah lonjakan 14% tahun lalu.

“Ini didorong oleh permintaan dari sektor listrik di mana batubara semakin banyak digunakan untuk menggantikan gas, yang pasokannya terbatas dan telah mengalami lonjakan harga yang besar setelah invasi Rusia ke Ukraina,” ungkap IEA.

Tags : Batubara , PLTU

Berita Terkait