Mendag: Butuh Waktu Pulihkan Harga TBS Sawit

| Rabu, 03/08/2022 10:31 WIB
Mendag: Butuh Waktu Pulihkan Harga TBS Sawit Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan perlu waktu untuk memulihkan kondisi agar dapat kembali normal khususnya untuk mendongkrak harga tandan buah segar (TBS) Sawit yang saat ini masih di bawah Rp2.000/kg.

“Pemerintah, pelaku usaha, petani, dan rakyat merupakan satu kesatuan yang tidak terpisah dan jika saling menguatkan akan menjadikan Indonesia sebagai produsen CPO yang mengendalikan harga dan suplai di dunia,” kata Mendag Zulkifli Hasan saat melakukan audiensi dengan para petani kelapa sawit, Selasa 2 Agustus 2022.

Mendag Zulkifli Hasan juga menyampaikan, kelapa sawit adalah salah satu mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam dekade terakhir.

Sejak 2010, Indonesia telah menjadi eksportir terbesar produk kelapa sawit melampaui Malaysia. Lebih dari separuh pasokan dunia berasal dari Indonesia. Ini menggambarkan posisi strategis Indonesia dalam rantai pasok minyak nabati dunia.

Sumbangan industri kelapa sawit bagi perekonomian domestik juga sangat besar. Sepanjang tahun 2021, Indonesia telah mengekspor 26,9 juta ton minyak kelapa sawit dengan nilai mencapai USD 28,5 miliar.

Komoditas kelapa sawit dan turunannya juga berkontribusi besar terhadap rekor surplus perdagangan tertinggi sepanjang sejarah Indonesia pada April 2022 yang lalu. Dari nilai surplus sebesar USD 7,6 miliar, ekspor kelapa sawit dan turunannya tercatat sebesar USD 3 miliar.

"Nilai ekspor ini tidak hanya berimbas positif bagi penerimaan negara dari pungutan ekspor, tetapi juga menyumbang devisa yang menopang stabilitas makroekonomi Indonesia," imbuh Mendag Zulkifli Hasan

Tags : Harga Sawit , TBS Sawit

Berita Terkait