Konsumsi Rumah Tangga Jadi Pendorong Utama di Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2022

| Jum'at, 05/08/2022 21:35 WIB
Konsumsi Rumah Tangga Jadi Pendorong Utama di Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2022 Aktivitas di Pusat Perbelanjaan Kebutuhan Sehari Hari (Doc: Picfair)

RADARBANGSA.COM – Pertumbuhan ekonomi di Triwulan II 2022 terbilang sangat baik sebesar 5,44% secara tahunan dan tumbuh 3,73% secara bulanan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan faktor utama pendorong pertumbuhan ekonomi adalah konsumsi rumah tangga yang mencapai 5,51%.

“Konsumsi Rumah Tangga pertumbuhannya 5,51% artinya engine pertumbuhan dari segi Rumah Tangga yang selama Covid-19 berdampak, ini sudah kembali pada kondisi asal,” papar Menko Airlangga.

Hal itu salah satunya didorong pada saat Hari Raya Idulfitri di bulan Mei lalu dimana konsumsi masyarakat meroket dan menghasilkan perputaran ekonomi di seluruh wilayah Indonesia.

Menko mengatakan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah masih tumbuh positif.

“Ekonomi di Jawa pulih dan yang menarik tentu Bali Nusra yang biasanya pertumbuhannya rendah, ini sudah naik di 3,4%,” jelas Menko Airlangga.

Sumbangan pertumbuhan yang siginifikan juga berasal dari kinerja impresif ekspor Indonesia. Selain karena faktor peningkatan harga komoditas, menguatnya kapasitas output di berbagai sektor juga turut mendorong peningkatan ekspor Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi dari sisi demand tercermin juga dari pertumbuhan dari sisi sektoral. Industri Pengolahan sebagai driver terbesar pertumbuhan masih tumbuh positif sebesar 4,01% (yoy). Selain itu, sektor Transportasi dan Pergudangan serta Akomodasi & Makan Minum tumbuh tinggi masing-masing 21,27% dan 9,76% didorong oleh pelonggaran syarat perjalanan dan momen hari raya Idulfit

Tags : Rumah Tangga , Triwulan II

Berita Terkait