KESDM: Transisi Energi Tidak Harus Meniadakan Batubara

| Rabu, 31/08/2022 08:33 WIB
KESDM: Transisi Energi Tidak Harus Meniadakan Batubara Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengatakan jika melakukan transisi energi tidak harus meniadakan batubara.

Menurut dia dengan inovasi teknologi, emisi dari batubara bisa ditekan sehingga target Net Zero Emission pada 2060 tetap bisa dicapai.

"Mari kita berpikir dengan cara yang lain. Kata kuncinya transisi energi berkelanjutan. Net Zero Emission pada 2060 itu yang menjadi skenario besar yang harus kita rumuskan dengan langkah tidak biasa-biasa saja. Kuncinya adalah inovasi," kata Ridwan dalam keterangan tertulis, Rabu 31 Agustus 2022.

Terkait inovasi, Ridwan menekankan pentingnya aspek keterjangkauan dan penguasaan teknologi.

"Saya menyarankan buatlah NZE versi industri batubara, jadi tidak semata-mata kurangi penggunaan batubara pakai yang lain, adakah cara lain menuju NZE dengan pendekatan yang lebih inovatif," jelas Ridwan.

Di kesempatan Direktur Utama PTBA Arsal Ismail mengatakan, selaras dengan visi PTBA menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan, perusahaan tengah memantapkan eksistensi dan bertransformasi menjadi perusahaan energi.

Transformasi ini tidak semata-mata dilakukan untuk menciptakan bisnis yang keberlanjutan, namun juga mendukung target pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060, mendorong proses transisi energi berkelanjutan, dan meningkatkan kontribusi perusahaan dalam mendukung ketahanan energi nasional.

"Berbagai strategi transformasi bisnis telah kami terapkan seperti peningkatan portofolio pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan dan pengembangan hilirisasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME)," Arsal Ismail menjelaskan.

Tags : Batubara , Transisi

Berita Terkait