Total 250 Km Jalan Tol akan Terhubung di Sumut

| Selasa, 20/09/2022 09:43 WIB
Total 250 Km Jalan Tol akan Terhubung di Sumut Ruas Tol di Provinsi Sumut (Doc: HK)

RADARBANGSA.COM - Jalan tol di Provinsi Sumatra Utara akan membentang sepanjang 250km atau lebih.

Adapun keempat jalan Tol ini adalah jalan Tol Medan – Binjai sepanjang 17,32 Km, Tol Binjai – Langsa yang nantinya akan beroperasi sepanjang 53,1 Km, Tol Kisaran – Indrapura sepanjang 47 Km dan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat sepanjang 143 Km yang saat ini masih dalam tahap konstruksi.

“Dengan jalan tol yang membentang panjang di Provinsi Sumut ini diharapkan dapat terus mengembangkan Kawasan Sumut dan mendokrak perekonomian masyarakat sekitar agar dapat lebih maju lagi,” kata Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya.

Saat ini sudah terdapat 2 (dua) ruas tol yang  beroperasi di Provinsi Sumatra Utara (Sumut). Keduanya adalah Tol Medan – Binjai (Mebi) sejak Oktober 2017 dan Tol Binjai – Stabat yang merupakan bagian dari Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat) sejak Februari 2022.

Menurut Koentjoro bertambahnya dua ruas tol di Sumut ini telah meningkatkan konektivitas antar daerah dan memperlancar arus transportasi dari Sumut menuju Aceh serta berpengaruh pada perekonomian sekitar.

“Kehadiran jalan Tol Medan – Binjai – Stabat ini memangkas waktu tempuh menjadi lebih cepat yang berpengaruh pada penurunan biaya logistik dan kualitas produk yang dihasilkan,” tandas Koentjoro.

Tags : Jalan Tol , Sumut