PTBA Bidik Pasar Batubara Eropa

| Rabu, 21/09/2022 07:38 WIB
PTBA Bidik Pasar Batubara Eropa Komoditas Batubara (Foto: Porto News)

RADARBANGSA.COM - PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) membidik pasar Batubara Eropa mengingat peluang kebutuhan energi yang besar pasca dihentikannya pasokan gas rusia.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTBA Farida Thamrin mengatakan pihaknya sudah mengawali rencana tersebut dengan mengekspor ratusan ton komoditas batubara ke Italia.

“Bukit Asam terus meningkatkan porsi ekspor tentunya tidak mengabaikan kebutuhan dalam negeri," ungkap Farida dalam keterangan resminya, dikutip Antara, Rabu 21 September 2022.

Hingga kini, pasar ekspor utama PTBA masih didominasi India, bahkan terjadi peningkatan hingga dua juta ton secara tahunan (year on year/yoy) di negara tersebut.

India menjadi tujuan ekspor terbesar PTBA dengan porsi mencapai 18 persen dari total penjualan.

Kemudian, negara tujuan lainnya diikuti Korea Selatan (4 persen), Thailand (3 persen), China (2 persen), dan Kamboja (2 persen).

Secara keseluruhan, Farida memaparkan, porsi penjualan ekspor batu bara meningkat dari 33 persen pada kuartal I-2022 menjadi 38 persen pada kuartal II-2022.

Sementara untuk pasar dalam negeri, kata dia, perseroan tetap memenuhi suplai batu bara untuk kebutuhan domestik sebesar 65 persen.

Tags : PTBA , Batubara ,