Wapres Maruf Amin Dorong Sektor Keuangan Syariah Harus Efisien dan Lincah

| Kamis, 22/09/2022 22:20 WIB
Wapres Maruf Amin Dorong Sektor Keuangan Syariah Harus Efisien dan Lincah KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH. Maruf Amin ingin sektor keuangan syariah Indonesia efisien dan lincah dalam mengikuti perubahan zaman. Menurutnya, sektor keuangan syariah yang efisien dan lincah diperlukan dalam mengembangkan ekonomi syariah.

Penguatan ekosistem syariah, terang Wapres, termasuk digitalisasi dinilai menjadi strategi pengembangan ekonomi, sejalan dengan peran perbankan syariah dalam memanfaatkan potensi dalam menghadapi dinamika global.

"Pengembangan ekonomi syariah yang kita upayakan memerlukan sektor keuangan syariah sebagai penggerak ekosistem yang dituntut efisien dan lincah, khususnya menghadapi pesatnya tuntutan transformasi digital," kata Kiai Maruf dalam sambutannya di acara Islamic Finance Summit 2022, secara virtual, Kamis, 22 September 2022.

Wapres mencermati industri perbankan syariah dapat mengambil peran yang lebih besar dalam pembangunan nasional, dengan tidak mengabaikan prinsip pedoman yang telah diatur dalam kesyariatan. Bagi Kiai Maruf, penataan aktivitas ekonomi dan keuangan sesuai syariat harus menjadi pegangan utama, kendati digitalisasi menjadi jembatan perubahan.

Menurutnya, hal tersebut dapat menjadi strategi untuk merespons fenomena krisis dalam sejumlah aktivitas ekonomi yang mengabaikan etika, agama, ataupun nilai-nilai moral. "Prinsip syariah dalam berekonomi juga memperhatikan kepentingan masyarakat dan lingkungan, menghindari ketidakseimbangan dalam distribusi kesejahteraan maupun hal-hal yang memicu kerusakan lingkungan," tandasnya seperti dikutip dari okezone.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Keuangan Syariah , Indonesia