KADIN Dorong Industri Mebel Perkuat Ekspor ke Mancanegara

| Jum'at, 23/09/2022 11:51 WIB
KADIN Dorong Industri Mebel Perkuat Ekspor ke Mancanegara industri furnitur (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya mendorong pengusaha Jawa Timur untuk menangkap peluang pasar ekspor furniture ke sejumlah negara menyusul tingginya permintaan pasca pandemi Covid-19. 

Ketua Kadin Ali Affandi mengungkapkan, di masa Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak awal tahun 2020 hingga saat ini permintaan produk furniture dari luar negeri mengalami lonjakan permintaan sehingga industri furniture.

“Khususnya yang berbahan dasar kayu, mencatatkan kinerja ekspor yang cukup memukau, bahkan mencatatkan kenaikan ekspor secara signifikan,” kata Ali dalam keterangannya, Jumat 23 September 2022.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), selama periode Januari-Desember 2021 tercatat nilai ekspor furniture dari kayu mencapai US$ 1,99 miliar atau sekitar Rp 28,6 triliun. Nilai tersebut meningkat signifikan sebesar 32,54 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencatatkan US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,65 triliun.

Lima negara yang menjadi tujuan utama ekspor tersebut antara lain adalah Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Belanda, dan Prancis. 

"Kita melihat peluang ekspor ke negara maju sangat besar. Sejak pendemi Covid-19, permintaan produk furniture meningkat pesat dan ini menjadi peluang bagi Indonesia, khususnya Surabaya untuk bisa ekspor ke negara maju." tandas dia.

Sebagai informasi saat ini, Indonesia adalah negara pengekspor furniture terbesar ke-8 untuk Amerika Serikat, juga ke Kanada, Prancis, dan Jepang.

Di Indonesia beberapa sentra mebel yang cukup besar berada  lain Jepara, Cirebon, Sukoharjo, Surakarta, Klaten, Jabodetabek.

Di Jawa Timur sendiri ada beberapa kota yang menjadi sentra industri furniture seperti Pasuruan, Gresik, dan Sidoarjo. 

Tags : KADIN , Mebel , Furnitur