Terima Kunjungan Dubes AS, Wapres Ajak Investasi Pembangunan IKN

| Selasa, 11/10/2022 17:45 WIB
Terima Kunjungan Dubes AS, Wapres Ajak Investasi Pembangunan IKN KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres), KH Maruf Amin menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Kim di Istana Wapres, Jakarta, Selasa, 11 Oktober 2022. Dalam pertemuan tersebut, Wapres mengajak untuk investasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Disampaikannya, proses pemindahan Ibu Kota Baru terus berjalan. Kiai Maruf mengungkapkan, pemindahan Ibukota bukan merupakan sesuatu yang mudah.

Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan secara cermat, dan dibutuhkan investasi swasta termasuk investasi langsung.

"Beberapa negara sudah menyatakan ketertarikannya untuk melakukan investasi di IKN. Saya berharap, para investor AS juga dapat berpartisipasi dalam pembangunan IKN, Khususnya untuk sektor digital serta energi baru dan terbarukan," kata Kiai Maruf dilansir dari okezone.

Selain itu, Wapres berharap kerja sama ekonomi Indonesia dengan AS harus terus diperkuat. "Tahun lalu, nilai perdagangan kita mencapai USD37 miliar. Namun, angka itu masih belum benar-benar menggambarkan potensi dagang kedua negara. Kemitraan ekonomi AS di Indonesia penting untuk ditingkatkan," tegasnya.

"Saya juga harapkan agar partisipasi Indonesia dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) juga menjadi salah satu cara untuk mendukung kerja sama ekonomi. Kerja sama yang konkret adalah yang selalu diharapkan Indonesia," tutur Kiai Maruf.

Sejalan dengan Wapres, Sung Kim menyatakan, dia akan mendorong perusahaan-perusahaan AS untuk mencari peluang di Indonesia, termasuk peluang dalam pembangunan IKN. Dia meyakini perusahaan-perusahaan tersebut juga memantau kebutuhan pembangunan IKN.

"Saya setuju, sektor digital, energi baru dan terbarukan sangat menarik untuk dijelajahi," ujarnya.

Tags : Wapres , IKN , Dubes AS , Investasi , Indonesia