OJK: Minat Investasi di Pasar Saham Masih Tinggi

| Rabu, 07/12/2022 06:12 WIB
OJK: Minat Investasi di Pasar Saham Masih Tinggi IHSG (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan jika minat investor untuk berinvestasi di Pasar Modal Indonesia masih tinggi.

"Minat untuk penghimpunan dana di pasar modal masih terjaga tinggi," kata Direktur Humas OJK Darmansyah, dalam keterangan tertulisnya Rabu 7 Desember 2022. 

OJK mencatat sampai saat ini untuk penghimpunan dana di pasar modal mencapai Rp226,49 triliun, dengan emiten baru tercatat sebanyak 61 emiten. Sementara Di pipeline, masih terdapat 91 rencana Penawaran Umum dengan nilai sebesar Rp96,29 triliun dengan rencana Penawaran Umum oleh emiten baru sebanyak 57 perusahaan.

Adapun pasar saham hingga akhir November 2022 melemah 0,25 persen mtd ke level 7.081,31 dengan non-resident mencatatkan inflow sebesar Rp0,74 triliun month to date. Lebih lanjut jika secara year to date, IHSG tercatat menguat sebesar 7,59 persen dengan non-resident membukukan net buy sebesar Rp81,49 triliun.

Ke depan OJK memperkirakan ekonomi global akan tumbuh melambat di 2023 disebabkan oleh pengetatan kebijakan moneter global, tingginya harga komoditas energi dunia yang dipengaruhi tensi geopolitik, dan masih persistennya tingkat inflasi di level yang tinggi. 

"Oleh karenanya, perlu dicermati perkembangan sektor-sektor yang memiliki porsi ekspor yang tinggi serta sektor padat modal yang akan lebih terdampak oleh kenaikan suku bunga," tandas Darmansyah.

Tags : OJK , Pasar Saham ,

Berita Terkait