Kadin Minta Pemerintah Siapkan Peta Jalan Hilirisasi Bauksit

| Selasa, 27/12/2022 17:19 WIB
Kadin Minta Pemerintah Siapkan Peta Jalan Hilirisasi Bauksit Tambang Bauksit (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua KADIN Indonesia Arsjad Rasjid menegaskan bahwa kebijakan pelarangan ekspor biji akan semakin terakselerasi jika didukung oleh peta jalan hilirisasi yang jelas.

“Jadi bukan sekadar membangun smelter sebanyak-banyaknya tanpa punya arah dan tujuan,” kata Arsjad dalam keterangan tertulisnya, Selasa 27 Agustus 2022.

Saat ini, smelter atau pabrik pengolahan dan pemurnian bijih bauksit terdapat di Sulawesi Tengah-Tenggara, Halmahera Timur-Selatan, Galang Batang Pulau Bintan, dan Kalimantan Barat.

Di sisi lain, pihaknya membeberkan potensi SDA dalam program hilirisasi industri yang digaungkan pemerintah. Arsjad melihat upaya pemerintah dalam hilirisasi industri ini mendorong peningkatan dalam pengolahan SDA lain dalam negeri.

“Ini bukan hanya terbatas di nikel dan bauksit tapi termasuk di timah, tembaga dan khususnya emas juga. Kita harus memanfaatkan kekayaan SDA kita untuk diolah sebaik mungkin dan menghasilkan nilai tambah yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Jadi itu yang menjadi dasar kenapa pemerintah mendorong untuk program hilirisasi industri,” ujarnya.

Arsjad Rasjid berharap hilirisasi bauksit akan berjalan seperti nikel yang terintegrasi dari hulu ke hilir hingga benar-benar menghasilkan nilai tambah yang tinggi dan bukan sekadar barang setengah jadi. 

Tags : Bauksit , KADIN

Berita Terkait