Hingga 2023, Kemenkeu Telah Kumpulkan Dana Abadi Lebih dari Rp129 Triliun

| Rabu, 01/02/2023 20:56 WIB
Hingga 2023, Kemenkeu Telah Kumpulkan Dana Abadi Lebih dari Rp129 Triliun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga awal 2023 ini telah mengumpulkan dana abadi pendidikan mencapai lebih dari Rp129 triliun. Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) dalam acara Mandiri Investment Forum 2023 di Jakarta, Rabu, 1 Februari 2023.

"Dana abadi ini adalah uang yang dapat memberikan dukungan untuk setiap pendidikan, penelitian dan kebutuhan semua sektor untuk meningkatkan kualitas indeks manusia," ujar Menkeu seperti dilansir dari antaranews.

Ia menilai, dana pendidikan merupakan salah satu alokasi yang paling penting untuk masyarakat, lantaran kualitas pertumbuhan suatu negara salah satunya diukur dari pendidikan sehingga belanja negara untuk pendidikan akan tetap menjadi salah satu yang terbesar. Maka dari itu untuk pertama kalinya dalam sejarah, pemerintah mengalokasikan belanja pendidikan di atas Rp600 triliun, yakni Rp612,2 triliun pada tahun 2023.

Alokasi belanja tersebut bukan hanya merupakan belanja pemerintah pusat, tetapi belanja pemerintah daerah secara langsung untuk meningkatkan kualitas manajemen sekolah hingga pengajaran dan memberikan dukungan dengan cara yang jauh lebih fleksibel dan inovatif. Adapun alokasi belanja ini meliputi belanja pemerintah pusat sebesar Rp237,1 triliun, belanja pemerintah daerah Rp305,6 triliun dan pembiayaan Rp69,5 triliun.

Tags : Menteri Keuangan , Dana Abadi Pendidikan , APBN , Pendidikan