Wapres Maruf Amin Harap Arab Saudi Tingkatkan Investasi di Indonesia

| Senin, 27/02/2023 20:47 WIB
Wapres Maruf Amin Harap Arab Saudi Tingkatkan Investasi di Indonesia KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin berharap adanya peningkatan investasi dari Arab Saudi di Indonesia ke depannya. Hal itu diungkapkannya saat menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk RI, Y.M. Faisal Abdullah H. Amodi, di Kediaman Resmi Wapres, Jakarta, Senin, 27 februari 2023.

"Saya mencatat investasi Saudi di Indonesia cenderung menurun selama tiga tahun terakhir, dari 5,3 juta dolar AS di 2020 menjadi 1,7 juta AS di 2022. Saya harap bisa dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan investasi Saudi di Indonesia," kata Wapres dalam siaran pers.

Menurut Kiai Maruf, Arab Saudi adalah mitra dagang terbesar Indonesia di Timur Tengah, di mana perdagangan kedua negara naik 35,3 persen di tahun 2022, mencapai 7,51 miliar dolar AS. Namun ia mencermati investasi Arab Saudi di Indonesia menurun dalam tiga tahun terakhir.

Wapres pun mendorong kemitraan bisnis ke bisnis dalam membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) Indonesia, khususnya di sektor infrastruktur, fasilitas publik, dan energi terbarukan. Untuk itu, Wapres menekankan, perlunya penguatan sinergi melalui lembaga investasi kedua negara. 

"Saya juga menantikan perkembangan penguatan kolaborasi antara Public Investment Fund Saudi dengan Indonesia Investment Authority," harap Wapres.

"Selain itu, kita (Indonesia-Saudi) juga perlu memastikan realisasi proyek pembangkit listrik tenaga surya di Saguling dan Singkarak. Proyek senilai 104,95 juta dolar ini merupakan tindak lanjut MoU antara PLN dengan ACWA Power tahun lalu," tukasnya.

Pada kesempatan itu, Wapres juga menyampaikan dirinya menyambut baik penugasan Dubes Faisal Amodi di Indonesia. "Saya ucapkan selamat atas penugasan Bapak sebagai Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Faisal Amodi menyatakan bahwa ia akan berusaha semaksimal mungkin meningkatkan hubungan kedua negara. "Dengan seluruh tenaga yang ada, saya akan berupaya meningkatkan hubungan bilateral Saudi dan Indonesia sesuai kemampuan saya," ujar Dubes Faisal Amodi.

Terkait dengan peningkatan investasi, Dubes Amodi mengungkapkan bahwa Saudi-RI Indonesia sudah mempunyai komisi yang fokus di sektor tersebut yang bisa ditingkatkan perannya di kemudian hari. 

Lebih lanjut dia menekankan akan mengajak para investor meningkatkan investasi di Indonesia. Namun, ia mengatakan perlunya ekosistem investasi yang baik di negara ini dalam menarik investor.

Ia pun meminta Wapres memberikan dukungan yang kuat dalam hal ini. "Mohon kiranya dengan dukungan Wapres, diberikan perhatian dan kesempatan yang lebih bagi investor Saudi untuk menanamkan modal di Indonesia. Tanpa dukungan Wapres, ini sulit untuk
penanaman modal tersebut," harapnya.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Investor , Arab Saudi , Indonesia