Rupiah Melemah Tipis pada Selasa Pagi

| Selasa, 14/03/2023 09:35 WIB
Rupiah Melemah Tipis pada Selasa Pagi Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Rupiah dibuka melemah tipis pada Perdagangan Selasa Pagi 14 Maret 2023. 

Mengutip Bloomberg, Kurs Rupiah yang ditransaksikan antarbank pagi ini berada pada level Rp15.381 per dolar AS. Posisi tersebut menunjukkan pelemahan 5 poin atau 0,03% apabila dibandingkan dengan posisi penutupan pasar spot Senin sore kemarin di level Rp15.376 per dolar AS.

Namun hari ini pelemahan rupiah diprediksi berjalan singkat disebabkan pergolakan di Pasar AS. Salah satu bank terbesar di AS, Bank Silicon Valley dinyatakan bangkrut pada jumat pekan lalu, membuat pasar gonjang ganjing. Efek dominonya adalah aset berisiko melemah termasuk indeks dolar AS (DXY). 

"Ini faktor utama penguatan kurs rupiah hari," kata Analis PT Monex Investindo Futures, Faisyal dikutip Ipotnews, Pagi ini. 

Dalam menyikapi fenomena kegagalan perbankan di AS, diperkirakan The Federal Reserve tak akan menaikkan suku bunga lebih agresif guna menenangkan pasar yang bergejolak. Adapun The Fed telah menaikkan suku bunga sebesar 450 basis poin, menjadi yang paling agresif dalam empat dekade terakhir. Suku bunga The Fed saat ini di 4,5% - 4,75%, jauh di atas level netral 2,5%. 

Tags : Rupiah , Dolar AS